Kamis, 15 September 2016

Ternyata Ini Penyebab Baterai Smartphone Meledak


Baterai kerap menjadi permasalahan di sebagian besar smartphone, mulai dari cepat habis, mudah panas, dan yang terbaru mudah meledak seperti pada produk terbaru Samsung Galaxy Note 7.
Sehingga banyak sekali perusahaan mulai dari hotel hingga maskapai penerbangan, melarang pemakai gadget ini untuk membawanya, memakai, dan juga mengisi daya saat menggunakan layanannya.
Namun tidak sedikit juga produk smartphone lainnya yang juga kerap meledak yang diakibatkan oleh baterai. Lantas apa yang sebenarnya membuat baterai yang dipakai pada gadget meledak? Berikut penjelasannya.

Dikutip dari Daily Mail, Ahli kimia telah merilis serangkaian tips untuk membantu dan memastikan Anda bisa mendapatkan yang terbaik dari baterai smartphone.

Mereka menyarankan, agar Anda tidak pernah menghabiskan daya baterai, bahkan hingga smartphone mati dengan sendirinya. Baterai lithium ion seperti yang saat ini banyak digunakan di smartphone modern, memang dengan mudah dapat berkurang kapasitasnya.

Para ilmuwan juga menyarankan agar Anda tidak mematikan perangkat dalam keadaan tertentu, kecuali daya baterai masih  50 persen terisi.

Membiarkan telepon terlalu panas juga dapat merusak umur baterai, dan untuk menjaganya tetap dingin hindari menyimpannya dalam cuaca panas terutama di dalam mobil atau di pantai, serta saat digunakan terutama bermain game.

Dalam beberapa kasus, baterai bisa menjadi begitu panas dan akhirnya meledak. Namun dalam kasus kegagalan baterai Samsung Galaxy Note 7, masih belum bisa dipastikan penyebabnya, yang membuat beberapa smartphone mudah meledak.

"Bahkan lebih buruk lagi, panas dapat memulai pelarian termal. Setelah kobalt oksida (katoda) mendapatkan cukup panas, dimulai siklus reaksi yang membuang lebih banyak dan lebih panas. Semua panas ini mulai mendidihkan cairan dan tekanan baterai hingga meledak," ucap salah satu ahli dikutip dari Daily Mail.

Jadi, untuk membuat baterai meledak membutuhkan waktu cukup lama. Bahkan aplikasi yang berjalan di background, bisa juga mejadi penyebab baterai terus terkuras dan membuat panas perangkat Anda hingga akhirnya meledak.


Demikian juga saat mengisi daya, alangkah baiknya Anda jangan sampai meninggalkannya begitu saja atau tertidur untuk waktu yang lama



Sumber : VIVA.co.id 

0 komentar:

Posting Komentar